Selasa, 04 Oktober 2011

Apakah Visual Basic 2005 sudah OOP?

Visual Basic 2005 sudah full OOP!. Maksudnya?
Object-oriented programming (OOP-pemrograman-berorientasi objek) adalah gaya dalam pemrograman (atau pola pemrograman). Masih banyak pola pemrograman yang lain, seperti pemrograman fungsi dan prosedur. Bahasa seperti C, Fortran, Pascal, dan versi sebelum dari Visual Basic, semuanya adalah pola pemrograman. Tetapi pola ini terfokus pada proses sementara OOP terfokus pada data itu sendiri.
Aplikasi yang menggunakan pola OOP dibangun menggunakan bahasa OOP (OOPL). OOPL pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an, tapi lebih populer di akhir tahun 70-an. Saat ini sering digunakan karena mudah untuk dipelajari, digunakan, didebug, dan dijaga. OOPL menjelaskan tentang objek yang nyata. Visual Basic 2005 merupakan bahasa pemrograman yang telah mendukung OOP seperti C#, C++, Java, SmallTalk, dan Lisp.
Programmer menggunakan OOP untuk menulis program yang mewakili masalah dan objek nyata ke dalam bentuk modul. Modul tersebut menjelaskan tentang objek yang nyata yang biasa dinamakan Class atau Type. Kita bisa membayangkan suatu program OOP sebagai kumpulan objek yang saling berinteraksi satu sama lain. Menggunakan OOP, programmer mendefinisikan tipe baru untuk mewakili objek nyata seperti pesawat, orang, konsumen, atau mobil. Type atau Class tersebut membuat objek atau instance (contoh). Objek merupakan suatu unit yang mewakili suatu contoh dari dunia nyata. Objek dibuat dalam aplikasi yang terdiri dari informasi yang menggambarkan objek itu sendiri dan proses yang bisa mengatur dan merubah informasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar